Tips Menentukan Desain Interior yang Tepat

Menentukkan Design Interior yang Tepat

Desain interior yang tepat mampu menambahkan sentuhan kemewahan dan gaya dengan cara memperbaiki penampilan. Banyak sekali detail yang harus diperhatikan saat mendesain sebuah ruang.

Desain interior yang tepat menjadi perencanaan yang cukup kompleks dan terkadang bisa sangat memusingkan.

Namun dengan perencanaan yang terstruktur, sistematis, fokus pada detail, selain tentunya meminta bantuan dan jasa desain interior, Anda akan dengan mudah melewati kesulitan awal saat merancang ruangan terbaik agar dapat memiliki kadar estetik yang dibutuhkan.

Baca juga tips interior berikut ini:

Konsep desain bukan melulu soal mempercantik ruang, tetapi juga soal memanfaatkan ruang agar efektif dan efisien. Tujuan desain interior itu sendiri adalah soal memperbaiki fungsi, memperkaya nilai estetika dan juga meningkatkan aspek psikologis dari sebuah ruang.

Seharusnya, juga memperhatikan keseimbangan ruang yang sangat dibutuhkan. Desain interior yang tepat mestilah memiliki keseimbangan yang sempurna. Sebuah rancangan interior haruslah memiliki keselarasan. Bagaimana Anda harus memastikan penggunaan berbagai elemen desain dan dekorasi agar dapat memiliki kohesi yang juga sempurna.

Soal keseimbangan, dalam desain interior dikenal beberapa jenis keseimbangan; ada yang disebut dengan keseimbangan asimetris, keseimbangan simetris atau juga keseimbangan radial.

Keseimbangan asimetris akan terasa sangat dinamis pada sebuah ruang, di mana setiap benda atau perabotan dapat terlihat dan nampak seolah mampu bekerja sama dengan sangat baik.

Bagaimana perbedaan model dan bentuk furnitur dapat berpadu dan menyatu dengan sangat baik. Memberikan keseimbangan sempurna serta mampu menambah kadar estetika rumah Anda.

1. Pilihan Warna

Warna mampu meningkatkan penampilan dan menciptakan suasana dan nuansa yang didambakan di dalam ruangan. Pilihan warna juga ditentukan oleh tujuan sebuah ruang. Namun, Anda bisa melakukan personalisasi interior Anda tergantung selera dan preferensi personal.

2. Tujuan Penggunaan Ruang

Tujuan penggunaan sebuah ruang menjadi hal penting selanjutnya yang benar-benar perlu diperhatikan. Taujuan akan mempengaruhi jenis desain yang akan dipilih. Desain interior ruang belajar bisa sangat berbeda dengan desain interior dapur. Setiap ruangan dengan tujuan berbeda harus memiliki desain yang berbeda untuk mendapatkan desain yang tepat. Selain itu desain yang berbeda pada setiap ruang juga akan mampu mematahkan kesan monoton.

3. Furniture

Sebelum masuk ke rincian desain interior, pertimbangkan kebutuhan furnitur. Furnitur yang Anda gunakan mesti menyeimbangkan dengan detail dinding, lantai dan plafon Anda. Ukuran furnitur menentukan ukuran ruangan Anda. Jika Anda memiliki banyak perabotan ruang tamu, Anda tentu akan membutuhkan ruang tamu dengan ukuran yang lebih besar.

4. Pilihan dan Instalasi Pencahayaan

Pencahayaan dapat meningkatkan daya tarik estetik dengan menambahkan drama ke dalam ruang keluarga. Pilihan pencahayaan juga mampu meningkatkan segala hal mulai dari furnitur dan lantai hingga alat kelengkapan dan juga tekstur

Sebelum memulai proyek desain interior, Anda wajib mempertimbangkan faktor-faktor tadi. Desain arsitektur rumah Anda, tujuan ruangan dan jenis perabotan mendikte fitur desain untuk digabungkan.

Pencahayaan yang layak dan skema warna yang tepat akan meningkatkan penampilan rumah Anda. Pastikan Anda menyiapkan dan menghitung benar jumlah anggaran yang Anda siapkan agar tetap berada dalam batasan “logis” saat mendesain rumah Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *