eljayakonstruksi

Tips Menata Tanaman Hias Dalam Ruangan

halaman rumah

Tips menata Tanaman Hias Dalam Ruangan dan Selain meningkatkan kualitas udara, tanaman hias indoor sejatinya turut menjadi penunjang elemen estetika pada ruangan sekaligus memberi suasana nyaman. manfaat ini bisa dicapai jika tanaman hias ditata secara tepat. Meletakkan tanaman tanpa penataan malah dapat  membuat ruangan di rumah Anda justru terlihat berantakan dan malah sumpek.

Bicara soal menata tanaman hias di dalam rumah, hal yang biasa dilakukan biasanya adalah dengan meletakkannya di sudut ruangan atau sebagai hiasan di atas meja. Padahal banyak cara penataan tanaman ini dengan beragam ide kreatif lainnya.

Berikut beberapa tips menata tanaman hias di dalam rumah :

1. tanaman hias dinding

didalam rumah dinding biasanya dihiasi dengan  foto, lukisan, rak buku, pajanga, dan lainnya.  Agar wall decor yang ada terlihat lebih segar, Anda dapat menambahkan tanaman di sana. Warna hijau daun dengan karakter batang yang khas dari dekorasi tanaman hias akan memberikan nuansa organik yang tidak monoton pada tampilan dinding.

2. buat berkelompok

dari pada meletakan satu pot tanaman di satu titik saja atau dengan pola menyebar, mengapa tidak dijadikan berkelompok? dengan mengumpulkan dan menata tanaman dari berbagai jenis dan ukuran. Sehingga mereka terlihat layaknya sebuah taman kecil di dalam rumah. Jika perlu manfaatkan pula rak atau meja untuk memberikan efek visual tinggi rendah yang menarik.

3. kolaborasi ragam karakter.

Menciptakan visual yang cantik pada ruang tidak melulu menyamakan karakter dari setiap elemennya. Melalui kreativitas, Anda juga bisa mengolaborasikan beberapa karakter menjadi satu harmoni. Seperti halnya ketika memilih tanaman hias untuk dekorasi ruang, Anda dapat menggunakan beberapa jenis tanaman yang berbeda karakter untuk ditata di satu area yang sama.

Seperti contoh tanaman hias kreatif yang satu ini, tanaman kaktus tampak serasi bersanding dengan tanaman berdaun lebar dan tanaman juntai. Kunci dalam penataan tanaman berbeda karakter seperti ini terletak pada posisinya. Anda harus jeli melihat posisi dari tiap tanaman agar tidak “kalah” dari tanaman lain yang berkarakter lebih kuat.

4. menjadikan tanaman bingkai 3D

jika anda menyukai konspe alam liar, Anda bisa meniru ide tanaman dalam rumah berikut ini. Tata tanaman menjadi dekorasi layaknya sebuah bingkai tiga dimensi. Beragam macam tanaman di susun dengan berbagai cara. Ada yang diletakkan di atas meja, ada yang di atas rak tempel, dan ada pula yang digantung. Semuanya tampak selaras hingga jika dilihat akan membentuk bingkai yang mengelilingi objek utama yaitu televisi.

5. manfaatkan area kosong

Jika Anda merasa ruangan di rumah sudah tidak memungkinkan lagi meletakkan pot tanaman, coba untuk kembali melihat lebih detail. Perlu diingat bahwa tanaman di dalam pot tidak selalu harus diletakkan di lantai atau atas meja. Bebaskan kreasi dengan meletakkannya di dinding, digantung, atau seperti pada ide di atas, yakni tanaman diletakkan tepat di atas pintu. Selain cantik secara tampilan, meletakkan tanaman rambat di atas pemisah ruang juga berperan untuk memberi efek tirai pembatas.

6. tanaman sebagai kontras

Keberadaan tanaman dalam ruang selayaknya menjadi penunjang konsep desain. Dalam desain sendiri, ada yang disebut sebagai kontras. Hal ini bisa didapatkan dari peletakkan tanaman. Ya, tanaman hias dengan karakternya yang khas akan menjadi elemen kontras sehingga tampilan ruang tidak membosankan.

Coba lihatlah pada contoh di atas. Bayangkan jika tidak ada tanaman di sana, maka ruangan akan terlihat membosankan. Akan tetapi, karena adanya tanaman dengan dimensi yang cukup dominan, maka ruangan terlihat lebih segar dan menarik.

7. Rambatkan di dinding

dari pada membiarkan dinding rumah terlihat kosong, Anda bisa berkreasi dengan menjadikannya ruang rambatan tanaman. Salah satu jenis tanaman rambat yang cocok diletakkan dalam rumah ialah sirih gading. An9da bisa mengarahkan arah rambatannya dengan memberikan penyangga seperti paku. Apalagi dengan pertumbuhan yang relatif cepat, sirih gading akan membuat tampilan ruang lebih semarak dan tidak membosankan.