Tips menata Ruang Tunggu

 Ruang tunggu adalah bagian yang bisa dibilang paling penting dalam sebuah kantor. Karena, begitu klien atau tamu Anda datang, ruang tunggu adalah tempat pertama yang akan mereka lihat. Bisa dibilang, ruang tunggu merupakan citra pertama yang dapat memberikan image secara keseluruhan.

Pentingnya peran ruang tunggu ini menjadikan Anda perlu memberikan perhatian ekstra kepada bagian ini. Desain ruang tunggu bukan hanya dapat memberikan image yang baik pada tamu saja, tapi juga membuat tamu menjadi nyaman dan memberikan impresi yang bagus terhadap kantor Anda.

 

Ada beberapa tips menata ruang tunggu minimalis untuk kantor yang bisa Anda terapkan sebagai berikut :

1. Desain Ruang Tunggu Minimalis dan Penempatannya

Sebelum mulai menata ruang tunggu minimalis di kantor, pastikan Anda telah memiliki desain yang pas dan menarik. Positioning yang pas di ruang tunggu juga menjadi kunci agar ruang tunggu kantor Anda menjadi nyaman.

Sebagai acuan, Anda bisa membuat desain ruang tunggu terlebih dahulu. Termasuk bagaimana positioning dan furnitur apa saja yang  nantinya Anda butuhkan. Anda bisa menyesuaikan juga gaya desain ruang tunggu kantor dengan konsep kantor Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kantor dengan konsep modern, desain ruang tunggu minimalis bisa Anda jadikan pilihan.

Desain ruang tunggu minimalis juga bisa memberikan kesan yang nyaman dan berkelas pada ruang tunggu kantor Anda. Penggunaan barang yang tidak terlalu banyak juga membuat ruang tunggu kantor Anda jadi terasa lebih luas.

2. Pemilihan Interior Pada Ruang Tunggu

Konsep ruang tunggu minimalis Anda juga harus disesuaikan dengan konsep kantor Anda. Termasuk soal interior yang digunakan pada ruang tunggu Anda. Cara paling sederhana adalah dengan memilih warna cat dinding yang dirasa tepat dan sesuai dengan konsep kantor Anda.

Anda bisa mencoba cat dinding dengan warna yang sama atau justru berbeda dengan dinding kantor Anda. Pilih mana yang menurut Anda paling sesuai untuk diaplikasikan pada ruang tunggu kantor Anda.

Selain itu, maksimalkan juga bagian dinding pada ruang tunggu Anda. Tidak ada salahnya untuk menggunakan hiasan – hiasan yang menarik namun tetap memberikan kesan minimalis. Seperti lukisan, ornamen, atau Anda juga bisa memilih quotes yang sesuai dengan perusahaan Anda.

3. Pilihan Furnitur pada Ruang Tunggu

Jangan lupa juga untuk memilih furnitur yang dirasa sesuai dengan konsep minimalis yang Anda inginkan. Furnitur juga harus memiliki kesan minimalis. Misalnya dengan memilih furnitur dengan daya tampung besar tapi tetap hemat tempat.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan sofa dan meja minimalis yang modern. Misalnya dengan menggunakan kursi empuk dengan sandaran sebagai pilihan. Sentuhan warna cerah pada furnitur juga bisa memberikan kesan ruang tunggu minimalis yang cerah dan segar.

 

Penggunaan furnitur juga sebaiknya disesuaikan dengan konsep kantor dan juga ukuran ruang tunggu. Jika ruang tunggu memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan sofa set dengan tambahan coffe table agar terasa lebih homey.

Sedangkan jika ukuran ruang tunggu Anda relatif besar, Anda bisa mencoba menata sofa dengan posisi yang cukup berjauhan. Sehingga tamu atau klien tidak merasa canggung karena harus berada terlalu dekat dengan tamu lainnya.

4. Penggunaan Fasilitas Pendukung

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan fasilitas lain sebagai penunjang. Keberadaan fasilitas ini membantu tamu atau klien Anda agar tidak terlalu bosan saat menunggu ataupun memberikan kesan ruang tamu yang lebih cantik.

Beberapa ruang tamu kantor menempatkan satu unit televisi dan juga adanya tv kabinet di bagian ruang tunggunya. Adanya tv ini bisa menjadi hiburan atau tontonan sementara bagi tamu atau klien yang datang berkunjung. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan majalah, koran, brosur, hingga profil perusahaan di bawah TV kabinet ini.

5. Aksesoris Tambahan Untuk Desain Ruang

Anda juga bisa memberikan penambahan aksesoris untuk ruang tunggu minimalis Anda. Adanya aksesoris ini bisa membuat ruang tunggu Anda jadi terlihat lebih cantik dan juga memberikan kenyamanan bagi klien ataupun tamu Anda.

Misalnya dengan menempatkan vas bunga atau hiasan kecil di atas meja. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan vas bunga yang lebih besar atau dispenser air minum di satu sudut ruangan. Sehingga tamu Anda bisa memanfaatkannya untuk minum sambil menunggu.

Pemasangan lukisan di salah satu spot dinding yang menarik juga bisa membuat ruang tunggu minimalis kantor Anda jadi terlihat lebih menarik.

1 komentar untuk “Tips menata Ruang Tunggu”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *