tips Menata Ruang Rapat

Ternyata ruang rapat memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kinerja kerja karyawan bila di modifikasi dengan benar. Bagi sebuah perusahaan atau kantor, ruang rapat merupakan salah satu ruangan penting untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu permasalahan. Ruang rapat atau disebut juga ruang meeting yang terkadang juga digunakan untuk bertemu dengan para tamu atau calon klien perusahaan.

berikut beberapa tips, menata ruang rapat.

1. Fasilitas Ruang Rapat

Umumnya ruang rapat memiliki berbagai fasilitas penting untuk mendukung kualitas kerja dan kenyamanan dalam berdiskusi. Ruangan rapat sebaiknya memiliki kursi yang nyaman dengan meja panjang berbentuk melingkar ataupun oval yang dapat digunakan bersama-sama. Adapun fasilitas pendukung lainnya seperti tersedianya Rak Buku, AC, White Board, Over Head Projector / LED TV, Mic, LAN dan telepon. Fasilitas tersebut sebaiknya dipersiapkan sesaat sebelum waktu meeting akan dimulai, agar fasilitas tersebut dapat menunjang kinerja kerja para karyawan saat waktu meeting berlangsung.

2. Dinding Ruang Rapat

Area dinding ruang rapat juga dapat ditambahkan ornamen seperti foto gedung perusahaan, sejarah singkat perusahaan, visi misi, piagam dan informasi menarik dalam bentuk poster dengan akrilik. Hal ini akan membuat tamu perusahaan dapat dengan mudah mengetahui identitas perusahaan secara lebih detail. Pemilihan warna interior ruang rapat sebaiknya menggunakan warna yang dapat meningkatkan semangat berfikir, mood serta tingkat kreatifitas. Pemilihan warna tidak boleh sembarangan, karena warna ternyata juga berpengaruh terhadap psikologi.

3. Papan di Sisi Meja Rapat

Untuk menata ruang rapat menjadi lebih efisien, cobalah letakkan satu buah papan yang memiliki magnet atau paku kecil untuk menempelkan berbagai kertas. Nantinya papan ini akan berisikan mengenai segala hal yang harus dikerjakan, jadwal rapat, serta berbagai hal penting lainnya.

4. Pencahayaan Ruang Rapat

Adapun pencahayaan yang baik diperlukan bagi ruang rapat yang tertutup atau tidak memiliki jendela. Dengan mengatur pencahayaan ruang yang tepat, akan mampu mendorong semangat para pekerjanya. Bila ruang rapat memiliki cukup banyak jendela sebaiknya juga diberikan Gorden Blinds agar dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Anda juga dapat mematikan lampu atau meredupkan cahaya ruang meeting saat presentasi dilaksanakan. Dengan meredupkan lampu ruangan, mampu membuat para karyawan yang mengikuti meeting menjadi lebih fokus terhadap bahan yang di presesntasikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *