Tips Membuat Rumah Tampak Lebih Luas

Jika kamu memiliki rumah yang tidak terlalu besar, ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk membuat rumahmu memiliki kesan yang lebih luas. Tidak perlu membeli rumah baru, kamu hanya perlu melakukan dekorasi di beberapa area. Trik dekorasi ini bisa membantumu untuk membuat rumah terlihat lebih luas.

ini dia tips agar rumahmu dapat terlihat lebih luas :

1. Pilih warna netral

Salah satu trik untuk membuat ruangan terlihat lebih luas adalah dari pemilihan warna  dinding. 

Beberapa ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan warna putih atau warna cerah untuk diaplikasikan pada rumah yang tidak terlalu besar. Warna-warna ini akan membuat rumahmu terasa lapang dan terang. 

Warna-warna terang juga dapat memantulkan cahaya yang masuk, sehingga rumah akan tampak lebih luas.

2. Buat furniture yang multifungsi

Furniture yang multifungsi adalah salah satu cara agar furniture di rumahmu tidak terlalu memakan tempat. Karena bersifat multifungsi, kamu bisa juga bisa menyimpan barang-barang pada furniture tersebut. dengan cara ini ruanganmu akan terlihat lebih luas karena bisa hemat tempat.

3. Manfaatkan cermin untuk memperluas ruangan

Cermin menjadi cara yang cukup efektif untuk membuat ilusi agar ruangan tampak  terlihat lebih luas. 

Kamu bisa menggantungkan beberapa cermin berukuran sedang di area yang sempit. Kamu juga bisa berkreasi dengan cermin dan bingkainya untuk semakin mempercantik dekorasi ruangan.

4. Aplikasikan jendela dan tirai besar pada rumahmu

Selain dapat memperluas ruangan, jendela besar akan membuat pencahayaan matahari dapat dengan mudah masuk memenuhi ruangan. Hal ini lah yang dapat membuat rumah terlihat lebih luas dan terang. Selain itu, kamu juga bisa aplikasikan tirai besar yang mampu mengubah kesan rumah kecilmu menjadi terlihat lapang.

5. Kurangi penggunaan sekat

Jika ingin menimbulkan kesan luas. Tidak perlu memisahkan ruangan satu dengan yang lain menggunakan sekat. Agar  tidak terlihat kaku, kamu bisa Menggunakan beberapa Trik Visual yaitu. Trik Visual Linier dan Trik Visual Paralel.

- Trik Linier

Trik visual ini bisa membuat ruangan tampak lebih luas karena menempatkan benda-benda besar dalam arah yang sama. 

Interior Nordic khas dengan warna-warna yang tidak gelap, namun juga tidak terlalu menyilaukan, menghasilkan efek lapang. 

- Trik Paralel

Trik visual ini menata beberapa furnitur satu garis yang sama, baik besar atau kecil. Sebagai Contoh ada sofa panjang dan meja hias, serta seperangkat furnitur makan. Semuanya ditata memanjang mengikuti arah sinar matahari yang masuk dari jendela. Rak televisi di depan sofa dibuat secara kustom mengikuti bentuk ruangan, begitu pula rak modular di atasnya. Trik ini cocok untuk ruangan sempit memanjang. 

6. Letakkan aksesoris kecil berwarna cerah

Jika kamu gak ingin ruangan terlihat monoton, kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris kecil yang memiliki warna-warna menyolok. 

Pilih warna merah, ungu atau metalik untuk mengusir kebosanan di sudut rumah. Pajangan-pajangan unik juga akan memberikan sentuhan yang enerjik pada ruangan.

 

7. Memasang Rak di Tempat Tinggi

Agar perhatian tidak terfokus secara horizontal, pasang rak-rak di atas pintu, menempel pada langit-langit.

Dengan menaruh barang-barang di tempat yang tinggi, perhatian Anda akan tertuju ke atas dan akan memberikan kesan ruangan yang lebih besar. Hal ini karena adanya benda-benda yang berada di dekat langit-langit akan menekankan perhatian pada tinggi ruang Anda.

Jika Anda tidak ingin memasang rak, Anda juga bisa memasang hiasan pada pinggiran langit-langit, ini akan memberikan kesan yang sama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *