Tips Membuat Kolam Ikan

Jika anda ingin menambahkan kolam ikan durumah anda mungkin kolam ikan dengan gaya kolam minimalis dapat menjadi solusinya, karena memenuhi segi estetika yang diinginkan dengan efek gemericik air dan ikan kecil yang memberikan efek relaksasi seusai bekerja.

Banyak manfaat yang dirasa dengan membuat kolam ikan minimalis, diantaranya menjadikan rumah jauh lebih indah. Apalagi jika rumah Anda dipenuhi dengan rerimbunan pohon dan taman. Ini akan mencipta suasana segar dan indah bagi penghuninya dan juga memberikan rasa sejuk dan damai.

berikut tips membangun kolam ikan :

1. ukuran kolam.

sebelum membuat kolam hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengukur lahan agar nantinya kolam hanya menggunakan lahan yang sudah disediakan.

2. desain kolam

setelah melakukan pengukuran anda dapat melakukan desain dan sesuaikan dengan ukuran yang telah anda siapkan.
sebagai refrensi anda bisa mencari dari internet. Selanjutnya selaraskan desain kolam minimalis dengan tema rumah. Untuk hunian tipe minimalis, terasa lebih cocok bila desain kolam berbentuk segi empat atau persegi panjang. Desain melingkar atau meliuk dapat menjadi alternatif selanjutnya, apabila masih ada kelebihan luas lahan. Anda juga bisa berimprovisasi dan berkreasi sendiri untuk mencipta kolam minimalis sesuai ekspetasi.

3. Pilih Material

Untuk mewujudkan kolam yang indah tidak melulu dibutuhkan biaya yang tinggi, cukup sesuaikan dengan budget yang dimiliki. akan tetapki penting untuk memilih material yang bagus. Material kolam yang baik akan menjadikan kolam kokoh dan tahan lama, meski harus merogoh kocek sedikit mahal. Bahan yang murah hanya akan menjadikannya indah di awal sisanya justru membutuhkan perawatan yang besar. Sebagai bagian dari improvisasi, Anda bisa menambahkan komponen lain dalam kolam, seperti taman mini di pinggir kolam, batu-batu alam, dan atau patung-patung air yang membuat kolam nampak hidup dan tidak monoton.

4. Isi Kolam

Untuk jenis kolam ikan minimalis, sebaiknya Anda memilih mengisinya dengan jenis ikan kecil dan mungil, seperti ikan Koi, ikan mas, dll. Ikan koi diyakini membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Perawatan ikan jenis ini juga sangat mudah, cukup mengganti air secara berkala. Yang terpenting adalah memilih jenis ikan yang mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Anda juga bisa menambahkan tanaman air mungil dipinggiran kolam dan atau lainnya yang mudah dirawat.

Ornamen-ornamen lainnya untuk mengisi dan merias kolam bisa Anda pikirkan dan sesuaikan dengan selera dan keinginan. Kolam ikan minimalis bisa dibuat bukan hanya di luar ruang, tapi juga di dalam ruangan. Namun agar keindahan dan kesan natural didapatkan, sebaiknya membuatnya di halaman/pekarangan rumah Anda.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukan step – step diatas anda bisa menggunakan jasa land scape seperti Eljaya Konstruksi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *