Tips Memanfaatkan sisa lahan

disetiap rumah pasti terdapat lahan sisa, ada lahan sisa berkuran luas ada juga lahan sisa berukuran kecil, namun meskipun begitu akan sangat sayang sekali jika lahan-lahan sisa ini tidak dimanfaatkan.

ini ada beberapa tips untuk memanfaatkan lahan sisa

Gudang

jika anda memiliki barang yang tidak terpakai anda bisa membuat gudang dilahan sisa anda untuk menyimpan barang-barang anda yang tidak terpakai.

Area Basah (tempat mencuci)

daripada tidak terpakai lahan sisa khusunya dibagian belakang rumah bisa dimanfaatkan menjadi area cuci agar  bagian dalam rumah  terilihat lebih plong karena karena area cuci berpindah kelahan sisa.

Tempat Bersantai

lahan sisa dapat dijadikan tempat bersantai sambil membaca buku atau sambil meminum secangkir kopi

Tempat Bermain anak

lahan sisa bisa digunakan untuk tempat bermain anak anda.

anda juga dapat menambahkan fasilitas bermain di area tersebut seperti  ayunan atau perosotan.

akan tetapi mungkin lebih baik menggunakan fasilitas bermain yang dapat dibongkara pasang agar nantinya jika ada perbuhan pada lahan tersebut fisilitas bermain dapat dipindahkan.

Taman Mini

dengan ada nya taman di area rumah dapat membrikan udara sejuk pada rumah, mungkin jika anda hobi mengkoleksi tanaman  lahan sisa ini bisa digunakan untuk menaruh tanaman-tanaman yang cantik.

taman mini juga dapat dipadukan dengan area basah jika posisinya dibagian belangan agar sisa tempat termanfaatkan dengan maksimal atau dapat juga di kompinasikan dengan tempat bersantai jika posisinya di bagian depan atau samping

Lahan Hijau

lahan sisa juga dapat digunakan untuk bercocok tanam apa lagin sayutan hidroponik seperti selada, tomat,  daun bawang, cabe rawit dan sayuran lainnya.

hasil bercocok tanampun bisa digunakan untuk keperluan dapaur, apa lagi jika menanam banyak hasilnya malah bisa dijual.

Kolam ikan

Tips terakhir lahan sisa bisa dijadikan kolam ikan, 

anda dapat menjadikan nya tempat ikan hias jika anda menyukai ikan hias dan kolam juga dapat digunakan untuk budi daya ikan lainnya seperti nila, mas, patin, dll.

hasil dari budidaya ikanpun dapat digunakan untuk keperluan dapur

Kolam ikan juga dapat dipadukan dengan lahan hijau. sudah dapat sayur dapat ikan pula bagaimana  menguntungkan bukan?

Tempat Hewan Peliharaan

bukan ide buruk jika menjadikan lahan sisa sebagai tempat unutk hewan peliharaan. 

tempat khusus untuk peliharaan ini  berfungsi agar kotoran-kotoran dari hewan peliharaan lebih gampang dibersihkan dan  dilahan terbuka hewan memiliki tampat berlari dan berjalan-jalan  bermanfaat untuk hewan peliharaan agar tidak cepat stres.

Jika anda sudah menentukan akan dijadikan  apa lahan yang tersisia dirumah anda anda dapat menghubungi kami ELJAYA KONSTRUKSI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *