Tips memanfaatkan Lahan Kosong

Lahan kosong merupakan aset yang dihargai karena dua alasan sederhana yakni pasokan terbatas dan permintaan yang terus meningkat. Sesuai dengan prinsip ekonomi paling dasar yakni hukum penawaran dan permintaan. Jadi nilai tanah mentah secara inheren akan meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan untuk aset yang terbatas. Berinvestasi di lahan kosong untuk keuntungan masa depan juga bukan berarti tidak mungkin. Melansir dari Fortune Builders, triknya adalah menemukan sebidang tanah yang relatif murah dengan banyak potensi untuk prospek masa depan.

Namun memang investasi tanah tidak sesederhana membeli kavling kosong yang Anda lihat. Sebenarnya, ada banyak jenis tanah yang sebenarnya termasuk dalam strategi investasi real estat ini. Anda yang hendak memulai harus mempelajari berbagai investasi lahan kosong yang tersedia. Berikut ini potensi bisnis yang dapat dikembangkan dengan lahan kosong.

Lahan kosong menjadi salah satu investasi yang menjanjikan jika dikelola secara benar dan tepat, apalagi jika dibangun rumah untuk buat kos-kosan.

1. Tanah Kavling

Bisnis jual beli kavling tanah merupakan salah satu bisnis yang cukup menarik perhatian investor karena jadi salah satu pilihan bisnis di bidang properti. Jika melihat dari sisi biaya, bisnis kavling menggunakan biaya yang lebih kecil daripada bidang properti lainnya baik rumah, apartemen atau properti lainnya. Bisnis kavling tanah merupakan bisnis yang menggiurkan bukan? Selain itu, bisnis inipun lebih mudah untuk dijalankan karena masih berupa lahan kosong.

2. Rumah Kontrakan

Dengan memiliki lahan kosong, Anda sudah memiliki modal untuk membangun rumah kontrakan minimalis. Apalagi jika lahan kosong yang Anda beli masih murah harganya.  Rumah kontrakan masih diminati karena muncul juga kesadaran untuk mandiri ketika sudah memasuki kehidupan pernikahan dan membentuk keluarga kecil.

Namun seringkali pasangan muda belum memiliki dana cukup untuk membeli sebuah rumah. Oleh karenanya, menyewa rumah adalah pilihan paling baik. Minat untuk menyewa rumah di kalangan penduduk kota cenderung masih tinggi, terutama bila rumah anda dekat dengan ruang-ruang publik yang vital seperti pusat belanja, perkantoran, terminal atau tempat mengakses angkutan umum, rumah sakit, dan sebagainya.

untuk mendirikan rumah kontrakan anda perlu kontraktor handal agar rumah kontrakan anda awet dan indah, supaya dapat menaraik orang untuk menyewa rumah anda.

3. Kos-Kosan

Apabila lokasi lahan kosong Anda berada di lokasi strategis, seperti dekat dengan aktivitas perkantoran atau kampus, permintaan akan kamar kos otomatis akan selalu tinggi. Semahal apapun harga yang ditawarkan, permintaan pasar tetap tinggi. Bisnis menyewakan kos-kosan butuh usaha lebih dibandingkan menyewakan rumah. Namun, jika dibandingkan, penghasilan dari usaha menyewakan rumah kos jauh lebih besar dibandingkan dari menyewakan rumah secara kontrak. Apalagi jika rumah kos disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuninya.

4. Kuliner

Lahan kosong yang letaknya berhadapan langsung dengan jalan besar yang ramai cocok untuk pusat jajanan serba ada. Anda bisa mengajak para penjual makanan kaki lima untuk bergabung dan berjualan di lahan kosong ini. Nantinya bisa diambil uang sewa tempat secara teratur setiap bulan. Jangan mematok uang sewa terlalu mahal agar banyak penjual makanan yang tertarik bergabung atau anda juga dapat membuka restoran yang sesuai dengan keinginan anda dengan dekorasi yang unik dapat menarik perhatin calon pelanggan, anda bisa menggunakan jasa Eljaya Konstruksi untuk dekorasi restoran anda.

5. Kolam Pemancingan

Memancing adalah hobi dan rekreasi. Animo masyarakat Indonesia akan memancing ini sangat tinggi bahkan meningkat dari tahun ke tahun seiring berjalannya waktu banyak pemancing yang mulai memancing di kolam pemancingan. agar lebih menarik banyak pengunjung anda juga dapat menggunakan konsep memadukan kolam pemncingan dengan restoran.

6. Peternakan

Anda juga bisa membuat peternakan yang menghasilkan dilahan kosong anda. Nah, apabila usaha inilah yang ingin Anda kembangkan, sebaiknya pilih hewan ternak yang mudah perawatannya dan banyak manfaatnya. Mulai dari burung, ayam, ikan, atau bahkan kambing. Mereka bisa dijual dan bisa dijadikan peliharaan. 

7. Tempat Wisata

Jika anda memiliki tanah yang luas dipinggiran kota dan modal yang besar mungkin membuat wisata ini bisa jadi pilahan karena tempat wisata merupakan tempat paling banyak dicari saat liburan. tempat wisata yang dimaksud disini seperti kolam renang, kebun buah, taman bermain.

untuk menarik pelanggan agar datang ketempat anda  anda memerlukan konsep dan penataan kawasan yang baik, untuk penataan kawasan anda dapat menggunakan jasa dari eljaya konsturksi.

https://www.rumah.com/panduan-properti/lahan-kosong-54333

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *