Tips Interior untuk Ruang Kantor Modern

Merasa kurang produktif? Atau akhir-akhir ini cepat merasa lelah dan bosan? Mungkin bukan pekerjaan baru yang Anda butuhkan, Anda hanya perlu mendekorasi ulang interior ruang kantor Anda. Sama seperti merancang rumah idaman, mendesain dan menata ruang kantor membutuhkan perencanaan yang matang. Apalagi, kantor merupakan representasi merek atau brand perusahaan Anda. Selain mewakili brand, konsep interior kantor yang pas juga bisa membawa pengaruh positif pada peningkatan produktivitas lho.

 

berikut tips Interior untuk Ruang Kantor Modern agar ruang kantor terasa lebih nyaman :

1. Hilangkan Cubicle dan Buat Gaya Kasual

Interior ruang kantor dengan cubicle memang dibuat agar para karyawan bisa lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaannya masing-masing. Namun, bisnis baru di era milenial ini memberikan Anda kesempatan agar lebih bisa menonjolkan ciri khas diri sebagai pemilik usaha yang kreatif. Tinggalkan meja kerja berat dan kaku, pajangan profesional yang mainstream, hingga cubicle yang membatasi. Pilihlah furniture bergaya kasual dan susun ruangan kantor dengan konsep terbuka yang lengang. Hilangnya cubicle akan mendekatkan jarak antara atasan dan bawahan sehingga semua dapat bekerja tanpa adanya kesan senioritas.

2. Pasang Jendela Besar

Ruangan dengan jendela yang minim akan terasa sangat pengap dan tidak nyaman bagi siapa saja yang berada di dalamnya. Jendela sangat penting untuk pencahayaan dan sirkulasi udara. Ruangan dengan bukaan jendela yang banyak akan lebih menyehatkan. Sedikitnya jendela akan membuat orang yang berada di dalamnya hanya terpapar cahaya lampu artifisial saja dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Dampak terburuk dari kurangnya paparan cahaya alami adalah depresi yang disebut dengan Seasonal Affective Disorder (SAD). Dengan banyaknya jendela, akan sangat baik untuk merangsang dan menstimulasi otak.

3. Pilih Warna yang Memicu Ide

Beberapa warna memang dapat mempengaruhi mood kita, baik yang membuat kita menjadi semangat, malas, bahkan membuat kita pusing.Memilih warna yang tepat untuk ruang kerja bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda. Seperti warna biru untuk menstimulasi kecerdasan. Selain itu warna  kuning juga menjadi warna terang yang bisa menginspirasi kreativitas. Sedangkan hijau bisa menciptakan unsur ketenangan.

4. Buat Ruang yang Nyaman

Buat ruang senyaman mungkin dengan tambahan karpet yang lembut, dekorasi dinding yang atraktif, bean bag, tirai jendela yang lembut, dan beberapa dekorasi seperti tumbuhan. Meletakkan tumbuhan pada ruangan juga bisa menjadi sarana pelepas stres saat Anda lelah bekerja seharian di dalam ruangan.

5. Beri Sentuhan Personal di Meja Kerja

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa psikolog dari University of Exter membuktikan bahwa mempersonalisasi ruang kerja sesuai dengan kesukaan diri sendiri akan memberikan dampak positif pada kinerja. Dengan mendesain meja sesuai keinginan, Anda bisa mengalami peningkatan konsentrasi, suasana, organisasi, dan produktivitas, dibandingkan yang mengikuti aturan meja kerja pada umumnya. 

6. Install Lighting yang Sesuai

Ingin merubah suasana ruang kantor secara instan tanpa harus banyak menggeser barang? Coba deh cara dekorasi praktis yaitu menggunakan instalasi lampu atau lighting dengan desain yang unik dan menarik. Posisi lampu yang tergantung di langit-langit juga tak akan mengganggu kinerja selama di kantor. Namun dari segi desain, ada kesan estetik yang bisa dimunculkan tanpa banyak mengubah tatanan ruang.

7. Tambah Dekorasi Pemicu Kreativitas

Dekorasi yang tepat ternyata bisa memicu tingkat produktivitas lho. Tambahkan dekorasi pada dinding kantor berupa poster kanvas dengan kata-kata mutiara. Selain itu, tambahkan pula aromaterapi di ruangan dengan wangi tertentu. Ada beberapa aromaterapi yang dipercaya berkaitan dengan produktivitas seperti kayu manis yang bisa mempertajam fokus, serta lavender untuk mengurangi stres.

8. Pakai Peredam Kebisingan

Kantor berada di pinggir jalan? Suara bising sering menghambat produktivitas dan proses pencarian ide kreatif. Suara yang keras bisa berakibat pada hilangnya konsentrasi dan fokus dalam bekerja. Jika Anda sedang menghadapi masalah ini, ada baiknya untuk menggunakan peredam suara. Hal ini penting karena isu kebisingan sering menjadi salah satu alasan dari tingkat produktivitas karyawan yang buruk.

9. Gunakan Furniture Ergonomis

Saat mendekorasi ruang kantor, ada beberapa furnitur yang tidak boleh Anda abaikan. Salah satunya adalah furniture utama yang akan selalu mendukung kegiatan kantor sehari-hari seperti kursi kantor ergonomis. Kursi kerja haruslah mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu demi kenyamanan. Jadi, tidak ada salahnya kan Anda berinvestasi dari sekarang dengan menggunakan furniture ergonomis.

*source  : https://www.bramblefurniture.com/journal/ide-desain-interior-ruang-kantor/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *